Jumat, 25 April 2014

Tips Menghadapi Ujian


1.      SEBELUM UJIAN
Mengingat ujian tinggal beberapa bulan lagi usahakan ketika belajar di kelas belajar bkelompok atau belajar di tempat les anda harus benar-benar focus, boleh kadang bercanda hanya sekedar untuk melepas penat dan biarlah otak kita beristirahat sejenak.

Keduanya rajin-rajinlah latihan soal atau ikut tryout, hal ini bisa melatih mental kita dan kita bisa tahu siapa saja saingan kita, hal ini berguna banget buat menyiapkan diri waktu ujian berlangsung, tapi jangan menyontek. Kalo menyontek waktu tryout atau melihat ujian sama saja bohong, buat apa ikut tryout cape-cape bayarnya juga mahal pula tapi yang kalian cari hanya peringat tinggi di tryout tadi hanya sekedar untuk gengsi, kerjakan sendiri saja apapun hasilnya ini untuk mengukur kemampuan kita sendiri.


Jangan lupa refresing buat penyegaran otak biar tidak stress tapi jangan keterusan, usahakan refresing ke tempat rekreasi alam bisa bersama teman atau keluarga jangan malah Cuma ngenet atau maen game di rumah …

Jangan lupa olahraga biar tidak gampang sakit, rajin beribadah penting banget itu untuk menentramkan hati kita, sering-sering konsultasi ke guru atau orang tua tentang pelajaran atau tentang informasi di perkuliahan.

2.      WAKTU UJIAN
Malam sebelum ujian sebaiknya jangan belajar yang terlalu berat. Gunakan waktu ini hanya untuk mengingat kembali materi yang tellah kita kuasai dan jangan mencoba belajar materi yang sama sekali tidak kita kuasai.

Yakinlah bahwa bekal yang kalian siapkan untuk ujian sudah cukup dan selalu berdo’a.

Bangunlah lebih awal pada hari H sekedar hanya untuk sholat agar diberi kekuatan yang besar untuk menghadapi soal-soal hari ini sesulit apapun itu bagi yang muslim.

Jangan lupa sarapan sebelum berangkat dan minta do’a restu dari orang tua dijamin bakal tenang dan jangan sampai telat.

Pastikan semua perlengkapan ujian sudah siap jangan sampai ada yang ketinggalan, kalo ada yang terlupa bisa dipastikan hal ini akan membuat anda panic dan jadi down sebelum ujian.

Waktu terima soal ujian cobalah untuk tersenyum seburuk apapun soalnya nanti dan sejelek apapun penjaga di ruang ujiannya, kalo bisa dibuat ketawa ketawa saja dibuat rileks.

Jangan lupa berdo’a sebelum mengerjakan, nikmatilah detik-detik ketika anda mengerjakan soal demi soal, jangan dibuat stress dengan soal-soal yang sulit dibuat senyum saja ketika ada soal yang sulit, dihitung pelan-pelan kalo tidak bisa tinggalin saja ganti soal yang lain, tapi ingat waktu, setelah selesai jangan lupa mengecek kelengkapan identitas di lembar jawaban, ini penting banget hukumnya fardlu’ain jangan lupa berdo’a setelah selesai.

3.      SETELAH UJIAN
Jangan pernah membahas soal yang telah anda kerjakan karena hal ini tidak akan merubah apapun justru anda akan kecewa ketika nantinya anda tahu ada jawaban anda yang salah (so keep convident but don’t over convident).

Ingat yang mengkoreksi lembar jawaban kita sebenarnya bukanlah scanner atau petugas koreksi atau yang lainnya, yang mengkoreksi jawaban kita sebenarnya Tadalah Tuhan kita, Allah SWT. Dia menilai apakah kita pantas mendapatkan hasil yang maksimal atau tidak Allah akan menilai usaha kita dalam menempuh ujian ini.

Hal yang terpenting adalah usaha kita soal hasilnya kita serahkan kepada Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dial ah yang tahu yang terbaik untuk kita …

Sumber: http://www.pertapan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar